5 Macam Peralatan Wajib yang Diperlukan untuk Service Komputer

Malcomp.id | Perangkat komputer selayaknya peralatan elektronik lainnya, harus selalu mendapatkan perawatan agar awet dan selalu memiliki performa kinerja yang baik. Perawatan pada komputer dapat dilakukan dengan berbagai cara yang mudah dan murah. Kebiasaan-kebiasaan baik dapat menjadi salah satu metode perawatan paling efektif tetapi memiliki dampak yang sangat besar. Kebiasaan ini antara lain seperti tidak malas untuk membersihkan perangkat dari virus, selalu menghidupkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur, sering melakukan pembersihan komponen dalam seperti fan, dan lain sebagainya. Tetapi, dengan melakukan perawatan tersebut, masih ada kemungkinan perangkat mengalami kerusakan. Meski begitu, kerusakan yang ditimbulkan tentunya tidak separah apabila perangkat sama sekali tidak pernah diberikan perawatan sama sekali. Jika komputer akhirnya mengalami permasalahan, komputer harus segera mendapatkan penanganan dengan cara service. Karena metode dan cara serfis komputer sudah dibahas pada pembahasan sebelumnya, pada artikel kali ini admin akan membagikan informasi seputar alat service komputer.

Seperti yang kita ketahui, bahwa perangkat komputer sering kali mengalami kerusakan apabila tidak dilakukan perawatan yang baik. Perawatan dimaksudkan sebagai bentuk pencegahan dini atau peminimalisiran kerusakan. Dan service dimaksudkan sebagai bentuk pembaharuan atau perbaikan sistem perangkat menjadi normal kembali. Perawatan sebagai bentuk prefentif sedangkan serfis sebagai bentuk pembaharuan.

Apa Pengertian Alat yang Sebenarnya ?

Alat atau peralatan adalah benda yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan kita sehari-hari. Alat merupakan benda multifungsi dimana kegunaannya sangat berpengaruh pada aktivitas harian manusia. Tanpa adanya alat, segala bentuk kegiatan atau pekerjaan akan jauh lebih lama. Alat dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya :

  • Alat Pemotong
  • Penggerak
  • Pembentuk
  • Pengikat
  • Peraga

Dari beberapa jenis alat tersebut, masing-masing memiliki bentuk dan fungsi yang beragam. Bentuk dari alat tersebut, sudah disesuaikan dengan fungsi dan manfaat yang dihasilkan. Oleh karena itu, dalam pengunaannya harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan. Tidak mungkin jika kita membersihkan lantai dengan menggunakan gergaji bukan ? nah ini salah satu contoh penggunaan alat disesuaikan dengan kebutuhan pemakaiannya.

Dalam kaitannya dengan serfis komputer, ada beberapa jenis alat yang digunakan dan wajib ada. Tanpa adanya peralatan ini, aktivitas perbaikan tidak akan berjalan maksimal.

Jenis Alat yang Digunakan dalam Service Komputer

Sebenarnya, peralatan-peralatan ini sudah sering digunakan dalam berbagai jenis pekerjaan khususnya perawatan dan selalu ada di rumah. Namun, untuk lebih jelasnya tidak ada salahnya jika kita bahas lebih mendalam lagi. Berikut ini beberapa jenis peralatan yang digunakan untuk proses serfis komputer :

Obeng

Obeng merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengencangkan dan mengendorkan baut. Perngertian lain dari obeng adalah sebuah alat yang digunakan untuk memutar sekrup. Dalam perawatan komputer, diperlukan 2 jenis obeng yakni obeng plus dan obeng minus. Obeng plus digunakan untuk membuka sekrup berlubang positif. Ukuran dari obeng ini juga beragam, mulai dari terkecil hingga terbesar. Usahakan untuk memiliki semuanya, karena sangat diperlukan saat proses seris komputer dilakukan. Kedua, obeng minus digunakan untuk membuka sekrup berlubang negatif. Sama halnya dengan obeng plus, ukuran dari obeng ini beragam.

Selain kedua jenis obeng diatas, terdapat beberapa jenis obeng lain yang tidak kalah pentingnya, yakni :

  • Obeng Bunga
  • Obeng All In One

Kedua obeng tersebut hanya memiliki perbedaan pada bentuknya saja. Jika obeng bunga berbentuk bunga, maka obeng all in one memiliki bentuk yang beragam (obeng untuk berbagai model sekrup). Jika ditanya mana yang lebih penting, setidaknya obeng all in one harus wajib dimiliki.

Tang

Alat ini merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memegang, memotong, melepas, dan memasang bahan kerja. Tang dapat digunakan untuk kabel atau kawat. Seperti halnya dengan obeng, tang yang digunakan juga beragam. *

  • Tang Cerimping

Merupakan jenis tang yang digunakan untuk menjepit konektor LAN RJ45 dan konektor RJ11, dan memasang konektor RJ45 tersebut di kabel LAN, sedangkan konektor RJ11 di kabel telpon.

  • Tang Potong

Seperti namanya, tang ini digunakan untuk memotong tembaga, kawat timah, dan lain sebagainya.

  • Tang Bengkok

Merupakan jenis tang yang dapat digunakan untuk menjepit sesuatu yang tidak bisa dijepit oleh jenis tang lainnya.

Solder Manual

Alat ini berfungsi untuk melelehkan kawat timah, sehingga kawat tersebut mencair dan bisa untuk merekatkan komponen di mainboard, atau untuk melelehkan timah di komponen yang terpasang di mainboard, dan mencabutnya.

Kawat Timah

Merupakan sebuah alt yang dapat digunakan untuk menyambung kabel yang putus.

Multimeter Analog dan Digital

Multimeter Digital
Multimeter Digital

Merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur kuantitas seperti tegangan, arus dan resistensi. Sedangkan multimeter digital merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur kuantitas lainnya seperti ukuran impedansi dan kapasitansi. Sebagai alat service komputer, multimeter ini sangat diperlukan. Karena akan sangat berguna khususnya pada saat terjadi kerusakan yang serius pada perangkat.

2 Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *